Dzikir, Doa Dan Cara Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Sihir

Artikel terkait : Dzikir, Doa Dan Cara Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Sihir


Menurut bahasa sihir artinya sesuatu yang tersembunyi dan sangat halus penyebabnya. Sedangkan menurut istilah syara’ sihir adalah azimat-azimat, mantra-mantra atau pun buhul-buhul yang bisa memberi pengaruh terhadap hati sekaligus jasad, yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit, terbunuh, atau pun memisahkan seorang suami dari istrinya.

Sihir adalah perbuatan yang sangat-sangat terkeji karena sihir itu adalah perbuatan yang menyekutukan Allah SWT. Tidak ada pemaafaan bagi orang-orang sihir (syirik) tersebut selain neraka jahannam. Nauzubillah!


Jadi percaya atau tidak, sihir itu memang benar-benar ada. Sihir  ini memiliki pengaruh dan hakikat yang bisa mencelakakan seseorang dengan taqdir Allah yang bersifat kauni. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 102 :

Artinya:“Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang bisa mereka gunakan untuk menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka (ahli sihir) itu tidak dapat memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah” (QS. Al Baqarah : 102).

Dari ayat tersebut jelas bahwa sihir itu memang benar-benar ada didunia ini. Bukan hanya saja di zaman sekarang, pada zaman Rasulullah SAW pun sudah ada ahli sihir. oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kita untuk berlindung dari kejahatan sihir. sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Falaq ayat 4:

Artinya: “Dan (aku berlindung kepada Allah) dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembuskan pada buhul-buhul”. (Al Falaq : 4).


Cara berlindung diri agar terhindar dari sihir

1) Senantiasa mentauhidkan Allah SWT dan bertawakkal kepada-Nya, serta menjauhi perbuatan syirik dengan segala bentuknya. Allah SWT berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah”. (An Nahl: 99)

2) Melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Allah SWT perintahkan, dan menjauhi larangan-Nya, serta bertaubat dari setiap perbuatan dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallau ‘Anhu bahwa RAsulullah SAW bersabda: “Wahai anak adam, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu” (HR.  Bukhari)

3) Tidak membiarkan anak-anak berkeliaran disaat terbenamnya matahari. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Jika malam telah masuk, jika kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian. Sesungguhnya setan berkeliaran pada waktu itu. tatkala malam telah datang sejenak, maka lepaskanlah mereka”. (HR Bukhari Muslim).

5) Memperbanyak membaca Al Qur`an dan manjadikannya sebagai dzikir harian.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwsannya Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al Baqarah.”

6)  Membentengi diri dengan doa-doa dan ta’awudz dan dzikir-dzikir yang disyariatkan, seperti dzikir pagi dan sore, dzikir setelah shalat fardhu, dzikir sebelum dan sesudah bangun tidur serta dzikir-dzikir lainnya.

Ibnul Qayyim berkata,”Sesungguhnya sihir para penyihir itu akan bekerja secara sempurna bila mengenai hati yang lemah, jiwa-jiwa yang penuh dengan syahwat yang senanantiasa bergantung kepada hal-hal rendahan. Oleh sebab itu, umumnya sihir banyak mengenai para wanita, anak-anak, orang-orang bodoh, orang-orang pedalaman, dan orang-orang yang lemah dalam berpegang teguh kepada agama, sikap tawakkal dan tauhid, serta orang-orang yang tidak memiliki bagian sama sekali dari dzikir-dzikir Ilahi, doa-doa, dan ta’awwudzaat nabawiyah.” 


Dzikir dan doa agar kita terlindungi dari sihir

Agar terhindar dari sihir maka perkara yang paling penting dan paling efektif adalah membentengi diri dengan dzikir-dzikir (zikir meminta perlindungan Allah) serta doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW seperti:

1) Membaca Ayat Kursi

Membaca Ayat 255 dari surat Al Baqarah setiap awal pagi setelah shalat Fajar, dan di awal malam sebelum shalat maghrib, serta sebelum tidur.

2) Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Masing-masing dibaca tiga kali setiap awal pagi setelah shalat Fajar, dan di awal malam sebelum shalat maghrib. Demikian juga membacanya satu kali setelah salat wajib dan sebelum tidur.

3) Membaca dua ayat dari akhir surat Al-Baqarah pada setiap awal malam.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka cukuplah baginya.”

4) Memperbanyak ta’awudz (memohon perlindungan kepada Allah)

Membaca dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa-apa yang Allah ciptakan disetiap malam dan siang hari, dan ketika ia tiba di suatu tempat-tempat lain.

Rasulullah SAW bersabda:“Barangsiapa singgah di suatu tempat dan dia mengucapkan: ‘A’uudzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq’ (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang Dia ciptakan), maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia pergi dari tempat itu.” (HR. Muslim)

Zikir serta ta’awudz inilah yang merupakan sebab terbesar dalam membentengi diri dari kejahatan sihir dan kejelekan-kejelekan lainnya bagi siapa saja yang menghafalkannya.

5) Memeperbanyak sedekah dan ibadah-ibadah sunah.

Karena sedekah dan amalan shaleh dapat menjauhkan diri dari ganguan dan marabahaya dengan izin Allah. Insya Allah!


Doa agar terhindar dari sihir

Doa Ini sangat baik sekali jika bisa dibaca dan diamalkan. Do’a inilah yang biasa diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk meminta perlindungan untuk cucunya Hasan dan Husain, yaitu:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Artinya: “aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.” (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, jahuilah sihir karena sihir itu perbuatan yang sangat dikutuk oleh Allah SWT. Dan bagi kalian yang sakit karena terkena sihir, atau kerisuhan dalam rumah tangga atau telat dapat jodoh karena sudah diguna-guna oleh ahli sihir, maka  bersabarlah anggaplah semua itu cobaan dari Allah SWT dan berusaha untuk berobat pada ustaz/ustazah dan para alim ulama yang bisa mengobati penyakit sihir. dan janganlah kalian berobat pada dukun-dukun karena dukun tersebut sama-sama mempunyai sihir yang dapat menyakiti anda. Dan bagi anda yang belum atau tidak terkena penyakit sihir, maka bentengilah diri anda dengan meminta perlindungan kepada Allah SWT, dengan zikir dan doa serta amalan-amalan yang telah disebutkan diatas.


Demikian, semoga bermanfaat!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam