Cara Meningkatkan Kesabaran Dan Ikhlas Dalam Islam

Artikel terkait : Cara Meningkatkan Kesabaran Dan Ikhlas Dalam Islam


Sabar adalah menerima dengan kesengguhan hati  dan ikhlas terhadap apa saja yang menghadapi dirinya baik itu musibah, masalah dan rodanya kehidupan. Bersabar memang bukan perkara yang mudah, tapi kalau kita mampu menghadapi musibah dengan sabar, maka sungguh Allah telah menjanjikan balasan yang tidak ada batasnya  bagi orang tersebut. Sebagaimana Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Az-Zumar ayat 10:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya." (Az Zumar: 10).

Namun  ada orang yang ketika diberi musibah dengan sedikit cobaan, dia mengeluh kesah dan tidak mau bersabar. Padahal sabar itu merupakan perintah dari Allah SWT, yang telah Allah sebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 153:

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al Baqarah : 153).

Dari ayat tersebut jelas bahwa Kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT dengan cara sabar dan juga shalat. Bukan dengan berkeluh kesah dan berputus asa.



Rasulullah SAW bersabda:

Artinya:  “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min.  Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Nah, betapa banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memerintahkan kita untuk bersabar. Maka bersabarlah kita karena Allah hanya beserta orang-orang yang sabar. 


Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita mampu untuk bersabar:

 1) Setiap perbuatan diniatkan hanya untuk Allah SWT

Setiap perbuatan yang kita lakukan haruslah disetai dengan niat agar memperoleh kebaikan. Dan niat yang paling utama adalah kita niatkan bahwa semua perbuatan yang kita lakukan ikhlas semata-mata karena Allah SWT, maka kesabaran akan muncul.

2) Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan penawar dan  obat hati bagi ummat muslim. Jadi, dengan membaca Al-Qur’an maka hati akan menjadi terobati sehingga lebih tenang dan sabar

3) Memperbanyak Puasa Sunnah

Dengan berpuasa maka nafsu kita akan berkurang terutama nafsu duniawi, dengan begitu kita akan terlatih untuk lebih bisa bersabar.

4) Mengalahkan keinginan untuk berbuat buruk

berusaha semaksimal mungkin agar kita mampu mengalahkan keinginan jiwa yang menjurus ke hal-hal buruk. seperti marah, kikir, menggunjing, dan hal-hal buruk lainnya yang terjadi dalam keseharian kita.

5)Mengingat tujuan kita hidup di dunia

Tujuan kita hidup di dunia ini adalah hanya untuk beribadah kepada Allah semata-mata. Dengan mengingat hal demikian maka kesabaran akan tumbuh dihati kita.

6) Melakukan latihan untuk bisa bersabar

Kita juga dapat meningkatkan kesabaran dengan melatihnya sendiri. Seperti dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, berzikir,dan membaca al-Qur’an dengan begitu kesabaran akan tumbuh sendiri.

7) Membaca kisah kesabaran para sahabat

Kisah para sahabat nabi, para tabi’in, ataupun tokoh-tokoh islam lainnya, dapat menjadi pelajaran bagi kita. karena mereka telah banyak mendapat cobaan yang bahkan lebih berat dari pada kita. Tetapi, mereka tetap bersabar dan selalu berada di jalan Allah SWT.

8) Mengetahui besarnya balasan dan pahala bagi orang-orang yang mampu bersabar. Diantaranya firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-imran ayat 249:

“Dan Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Imran: 249)

9) Meminta pertolongan kepada Allah SWT dan berlindung kepada-Nya, karena Allah satu-satunya yang dapat memberikan kemudahan dan kesabaran.

10) Beriman kepada ketetapan takdir Allah SWT dengan meyakini bahwa semua yang terjadi sudah merupakan suratan takdir dari Allah. Sehingga kita mampu bersabar dalam menghadapi musibah yang ada.

11) Ikhlas dan hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT dalam bersabar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’du ayat 22:

Artinya: “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Rabbnya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (QS.Ar- Ra’du: 22).


Demikian, semoga kita mampu untuk bersabar!















Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam