Perintah Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Artikel terkait : Perintah Berbakti Kepada Kedua Orang Tua



Orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita, membesarkan kita, mendidik kita menjaga dan merawat kita dengan penuh cinta dan kasih sayang yang diberikannya kepada kita. terutama sekali ibu, ibu adalah orang yang telah melahirkan kita dengan penuh pengorbanan. Dia menjaga  kita mulai dalam kandungannya selama 9 bulan, merawat kandungannya dan menjaga kandungannya dengan baik sampai kita lahir. Tak peduli rasa sakit yang ia alami saat melahirkan kita bahkan nyawa rela ia taruh demi menyelamatkan kita. disaat kita lahir ia menyusui kita selama 2 tahun dengan penuh keikhlasan, rela ia bangun ditengah malam disaat kita sedang menangis bahkan dia tidak mau tidur demi menjaga kita. begitu juga dengan seorang ayah, ayah yang telah membanting tulang, memeras keringat ditengah teriknya matahari demi mencari nafkah buat anaknya. Subhanallah begitu mulianya orang tua memperlakukan kita, bagaimana dengan kita, sudahkah kita membalas jasanya? Sungguh tak sanggup pengorbanan orang tua dibalas dengan apapun kecuali dengan berbakti kepada kedua orang tua.

Perintah Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Perintah berbakti kepada kedua orang tua banyak disebutkan didalam al-Qur’an. Diantaranya terdapat didalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-24:
Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.  Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS.Al-Isra: 23-24).
Dalam surah Al-ankabut ayat 8 Allah Berfirman:
Artinya: "Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya." (QS.Al-Ankabut : 8) 
Dalam surah Luqman ayat 14 Allah Berfirman: 
Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.  Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu." (QS.Luqman: 14)
Dari ayat tersebut jelas bahwa Berbakti kepada kedua orang tua adalah hukumnya wajib, baik disaat kita masih kecil, remaja, dewasa, bahkan ketika kita sudah menikah, wajib juga berbakti kepada kedua orang tua. Tak peduli Bagaimana pun keadaan orang tua apakah dia masih muda, sudah tua, ataupun sudah pikun. bahkan orang tua yang sudah meninggal pun Kita tetap wajib berbakti kepadanya, dengan cara berdoa untuknya. Asalkan orang tua kita tidak menyuruh kita kepada perbuatan maksiat yang melanggar dengan hukum islam.
Berikut ada beberapa cara untuk berbakti kepada kedua orang tua:
1) tidak pernah membantah perkataan/perintah orang tua kecuali perintah yang melanggar dengan hukum islam.
2) sopan santun terhadap orang tua
3) Lemah lembut disaat berbicara dengan orang tua
4)  bersikap sabar dan menahan marah disaat orang tua memarahi kita
5)  menghargai kerja keras orang tua dan tidak pernah menyia-nyiakannya
6) menjaga dan merawat mereka dengan sebaik-baiknya baik mereka sudah tua, pikun, disaat mereka sehat maupun disaat mereka sedang sakit
7) Doa anak yang shalih untuk orang tuanya yang sudah meninggal.

Demikian, semoga bermanfaat! Berbaktilah kepada kedua orang tuamu, dan jangan pernah menyia-nyiakan mereka. karena surga dibawah telapak kaki ibu.

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam