Pengertian, Fungsi Dan Kedudukan Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Islam.

Artikel terkait : Pengertian, Fungsi Dan Kedudukan Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Islam.

Pengertian Al-Qur'an
Dari segi  bahasa (etimologi)  Al-Qur'an berarti “bacaan” atau “yang dibaca”. Sedangkan menurut istilah Al-quran adalah firman (wahyu) Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril yang merupakan mukjizat, dengan menggunakan bahasa arab, berisi tentang petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia, dan bagi orang yang membacanya merupakan ibadah.  Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW  yang diriwayatkan secara mutawatir Yang diawali dari surah Al-fatihah dan diakhiri dengan surat An-nas.

Fungsi Al-Qur’an Dalam Islam
1) Sebagai sumber hukum ajaran islam
2)Sebagai  petunjuk bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.
3) Sebagai rahmat bagi seluruh semesta alam
4) Sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil
5) Sebagai peringatan dan penyejuk
6) Sebagai panduan dalam menyelesaikan sesuatu yang timbul ditengah masyarakat
7) Sebagai mu’jizat terbesar dari Nabi Muhammad SAW.
8) Sebagai penutup wahyu-wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Nya. 
Kedudukan Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Islam
Kedudukan Al-Qur’an dalam islam adalah sebagai sumber hukum umat islam. dari segala sumber hukum yang ada dibumi. sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat 59:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (An-Nisa’ : 59)
Dari ayat tersebut jelas bahwa  kedudukan Al-Quran adalah sebagai sumber hukum islam yang paling utama yang dapat dijadikan pedoman hidup dan petunjuk bagi umat manusia. Yang tidak ada keraguan sedikitpun padanya. Dan apabila orang tersebut berpegang teguh kepada Al-Qur’an,  maka tidak akan tersesat selama-lamanya. 

Demikian, semoga bermanfaat!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam