Hukum Orang Yang Meninggalkan Shalat Jum'at

Artikel terkait : Hukum Orang Yang Meninggalkan Shalat Jum'at


Shalat jum’at merupakan salah satu shalat yang diwajibkan bagi ummat Islam, khususnya bagi laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Shalat jum’at ialah shalat yang dilakukan pada hari jum’at yang dilaksanakan ketika masuk waktu dhuhur berjumlah dua rakaat, dan cara mengerjakannya sama dengan mengerjakan sholat pada umumnya yang dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam, hanya niatnya saja yang berbeda.

Syarat Wajib Sholat Jum’at

1) islam

2) laki-laki yang sudah baligh dan berakal

3) merdeka

4) sehat atau tidak sakit


Perintah/Hukum Shalat Jumat

Shalat Jum’at hukumnya Fardhu ‘ain (wajib) bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-qur’an surah Al-Jumuah ayat 9:


Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah: 9)

Hadis Rasulullah SAW

Dari Thariq bin Syihab Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Shalat jum’at itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas 4 orang. yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang sakit.” (HR. Abu Daud)

Dalil-dalil tersebut menunjukkan kewajiban untuk melakukan shalat jum’at bagi muslim laki-laki. Jika kewajiban tersebut ditinggalkan, maka ia akan mendapatkan dosa besar. Nauzubillah!



Hukum Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat Jum’at

Islam telah mewajibkan untuk melakukan  shalat jum’at, hal ini berdasarkan firman Allah SWT dan hadis Nabi SAW .  jadi Apabila seseorang tersebut meninggalkan perintah Allah untuk melakukan sholat Jumat,  maka banyak sekali  hukuman bagi orang tersebut diantaranya yaitu:

Sabda Rasulullah SAW :

” Barang siapa yang meninggalkan shalat jum’at tiga kali tanpa sebab maka Alloh akan mengunci mata hatinya (HR. Malik) ”.

 “Barangsiapa meninggalkan shalat jum’at tiga kali karena meremehkannya maka Allah akan mengunci mata hatinya,” (HR. At-Turmidzi).

Dari hadis tersebut jelas bahwa Allah akan mengunci mata hati orang -orang yang  tidak melakukan sholat jumat.  Apabila Allah telah mengunci mata hati kita sungguh tidak ada guna lagi hidup kita. Nauzubillah!


Demikian, Semoga bermanfaat! Kalau anda pria sejati muslim, jangan pernah meninggalakan sholat jum’at, karena azab Allah sangat pedih. Nauzubillah!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam