Hati-Hatilah! Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar

Artikel terkait : Hati-Hatilah! Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar


Begitu pentingnya berbakti kepada kedua orang tua, sehingga apabila kita tidak berbakti kepada mereka maka kita dikatakan anak durhaka. Nauzubillah! Karena Orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita, membesarkan kita, mendidik kita dan merawat kita dengan penuh cinta dan kasih sayang yang diberikannya kepada kita. terutama sekali ibu, ibu adalah orang yang telah melahirkan kita dengan penuh pengorbanan. Tak peduli rasa sakit yang ia alami saat melahirkan kita bahkan nyawa rela ia taruh demi menyelamatkan kita. begitu juga dengan seorang ayah, seorang ayah rela membanting tulang, memeras keringat ditengah teriknya matahari demi mencari nafkah buat anaknya. Subhanallah begitu besarnya pengorbanan orang tua, maka pantas disebutkan anak durhaka kalau kita tidak mau berbakti kepada kedua orang tua. Karena perintah berbakti kepada kedua orang tua sangat-sangat dianjurkan setelah kita berbakti kepada Allah. Apabila kita tidak mau berbakti kepada orang tua maka jangan harap kita memperoleh ridha Allah SWT. Nauzubillah!


Wahai penerus anak sholeh dan sholehah, ketahui olehmu  bahwa durhaka terhadap orang tua sangat berbahaya dan termasuk dosa besar yang paling Allah benci. Maka jangan sekali-kali kita durhaka terhadap kedua orang tua. Rugi semua kebaikan kita, ibadah yang pernah kita lakukan, semua akan sia-sia jikalau kita durhaka terhadap orang tua. hal ini secara tegas dinyatakan oleh Rasulullah SAW dalam hadisnya:

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “dosa-dosa besar yang paling besar adalah: syirik kepada Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, dan perkataan dusta atau sumpah palsu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda:

Maukah aku kabarkan kepada kalian mengenai dosa-dosa besar yang paling besar? Beliau bertanya ini 3 kali. Para sahabat mengatakan: tentu wahai Rasulullah. Nabi bersabda: syirik kepada Allah dan durhaka kepada orang tua.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian Dalam hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda :
“Ada tiga orang yang tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat :1) Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, 2) Wanita yang menyerupai laki-laki, 3) Dayyuts yaitu Suami yang tidak cemburu ketika melihat dan mengetahui istrinya bermaksiat. Dan Ada tiga orang yang tidak akan masuk surga : 1) Orang myang durhaka kepada kedua orang tuanya, 2) Pecandu minuman keras, 3) Orang yang suka mengungkit-ungkit pemberiannya.” (HR. Imam An-Nasa'i, Imam Ahmad dan Al Hakim)

Dari hadis tersebut jelas bahwa, Rasulullah SAW dengan tegas menyatakan bahwa durhaka kepada kedua orang tua itu termasuk kedalam dosa-dosa yang sangat besar setelah dosa syirik. Karena hak orang tua itu mengiringi hak Allah Ta’ala. Maka dari itu berbaktilah kepada kedua orang tuamu, jangan pernah sekali-kali kita menyakiti hatinya karena dapat menyebabkan kita menjadi anak durhaka. Nauzubillah.


Berikut beberapa contoh durhaka kepada kedua orang tua:

1) Mengucapkan perkataan ah kepada mereka atau semacamnya yang dapat menyakiti hati mereka.

2) Membentak atau melakukan perbuatan yang menyebabkan orang tua bersedih hati dan menangis.

3) Bermuka masam dan cemberut terhadap orang tua

4) Mencela orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung.

5) Memandang sinis orang tua dengan sikap merendahkan mereka,  menghina, dan membenci mereka.

6) Malu menyebut mereka sebagai orang tuanya.
7) Memerintah orang tua layaknya seorang pembantu. seperti disuruh menyapu, mencuci dan lain sebagainya..
8) Memberatkan orang tua dengan banyak permintaan yang tidak sanggup dipenuhi oleh orang tua.

9) Disaat anaknya sudah menikah, mereka mengabaikan orang tua.

10) Meninggalkan orang tuanya ketika orang tua nya sudah renta, pikun bahkan sakit-sakitan.

Inilah sebahagian kecil contoh durhaka terhadap orang tua, maka jauhilah perbuatan tersebut supaya kita tidak dikatakan sebagai anak durhaka. Nauzubillah! Berbaktilah kepada dua ibu bapakmu, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangimu sejak kecil. Mudah-mudahan Allah meridhai kita semua dan menjaga kedua orang tua kita. Amiin Yarabbal ‘Alamiin………..



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam