Cara Cepat Dan Mudah Menghafal Al Quran

Artikel terkait : Cara Cepat Dan Mudah Menghafal Al Quran


Al-Qur’an adalah kalam Allah yang sangat mulia. Yang merupakan pedoman bagi ummat muslim. Petunjuk dan rahmat bagi semesta alam, dan obat sekaligus penenang hati bagi orang yang mau membacanya. Apalagi orang-orang yang mau menghafalkan ayat-ayat Allah. Subhanallah sungguh mulia orang tersebut. Makanya dari sejak dini kita tanamkan diri kita atau anak-anak kita untuk bisa menghafal ayat-ayat Allah (Al-qur’an). Jangan berpikir kalau Al-quran itu sulit untuk dihafal. jika kita mau maka sangat mudah untuk menghafal quran. Berikut tips-tips untuk menghafal Al-quran dengan cepat  dan mudah.



Cara Mengafal Alquran Dengan Cepat Dan Mudah

1) Menghafal per halaman.

Caranya : kita baca dulu satu halaman yang mau kita hafal sebanyak 3-10 kali ulang dengan irama tartil, kalau sudah lancar baru dimulai menghafalnya. Setelah hafal satu halaman, baru dipindahkan  ke halaman berikutnya. Dan pada halaman berikutnya, kita hafal satu ayat supaya mudah untuk menyambungkan hafalan antara halaman 1 dengan halaman berikutnya.

2) Menghafal per ayat

Caranya : kita membaca dulu satu-satu ayat dengan irama tartil sampai dengan 3 atau 10 kali ulang . Kemudian baru kita hafal ayat tesebut.  Kemudian kita lanjut  pada ayat kedua dengan cara seperti itu pula.

3) Pasang target menghafal

Caranya : sebelum menghafal kita targetkan terlebih dahulu,  kapan waktu kita untuk menghafal, berapa ayat dalam sehari. Sehingga dengan adanya target maka penghafalan kita akan tercapai.

4)  Memperdengarkan/menyotor hafalan

Caranya : setelah kita menghafal maka kita storkan hafalan kita kepada orang yang mahir dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Seperti guru hafalan.

5)  Memperbanyak mendengar  Al-quran

Caranya : kita harus sering mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an seperti murattal di TV, HP.  bahkan kalau kita mau, dalam kegiatan sehari-hari  selalu kita dengarkan ayat-ayat al- Qur’an, insya Allah pasti akan terhafal.

6) Mengulang-ulang hafalan (muraja’ah)

Caranya : kita harus selalu mengulang-ngulang kembali hafalan yang sudah bisa kita hafal supaya tidak lupa.

7) Menggunakan seluruh panca indra

Caranya : dalam menghafal, jangan menghafal-hafal saja tetapi  harus terlibat semua panca indra seperti mata untuk melihat Al-Qur’an, mulut untuk membaca Al-qur’an, telinga untuk mendengar Al-qur’an dan tangan untuk menulis ayat-ayat Al-Quran.

8) Menggunakan satu jenis mushaf Al-qur’an

Caranya: dalam menghafal kita hanya menggunakan satu mushaf saja, supaya tidak keliru dalam menghafal. karena beda mushaf, beda letak posisi ayatnya.

9) Memilih waktu yang baik

Caranya : kita tentukan waktu untuk menghafal. Waktu yang baik untuk menghafal adalah diwaktu subuh atau selesai sholat subuh, dan setelah sholat magrib.

10) Memperbanyak berdo’a kepada Allah

Caranya : kita harus selalu berdo’a kepada Allah meminta supaya kuat hafalan kita dan supaya mudah dalam menghafal. Insya Allah dengan berdoa kepada Allah, Allah akan kabulkan Doa kita. apalagi doa seorang  penghafal Al-Qur’an. 


Demikian semoga bermanfaat!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam