5 Obat Untuk Menghilangkan Penyakit Hati Dalam Islam

Artikel terkait : 5 Obat Untuk Menghilangkan Penyakit Hati Dalam Islam


Hati berasal dari kata Qalbun yang artinya berbolak balik. Hati merupakan  bagian yang sangat terpenting dari pada manusia. Apabila hati kita baik maka baiklah semua amalan kita. tetapi apabila hati kita buruk maka hancurlah semua amalan kita. karena didalam hati kita memiliki beberapa penyakit hati seperti sombong, takabur, ria, dengki, iri, suuzzon, ujub dan lain sebagainya. Sebagi manusia awam kadangkala kita pernah tersirat sifat tersebut dihati kita.  jadi sebisa mungkin kita membuang jauh-jauh sifat  kotor tersebut. Karena penyakit hati jauh lebih berbahaya dari pada penyakit fisik. Penyakit hati dapat mengakibatkan kesengsaraan bagi kita, kesengsaraan didunia dan kesengsaraan di akhirat nanti.

Rasulullah SAW Bersabda:

“Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari)

Dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa baik buruknya seseorang itu dari hati. Jadi sebisa mungkin lawanlah dan buanglah penyakit hati kita. Jika tidak dilawan penyakit itu, maka dia akan selalu berkembang biak didalam dada kita. Nah bagaimana cara melawan dan mengatasi penyakit hati tersebut? Berikut obat yang sangat ampuh yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk melawan penyakit hati:

 Obat Hati Ada 5 (Lima) Yaitu:
1) Membaca Al Qur’an dan merenungkan maknanya
Disaat kita mulai merasa kesal dan sakit hati cobalah untuk membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya agar hati kita dapat menjadi lebih tenang.

2) Melakukan shalat malam (shalat tahajjud)
Ketika kita tidak mampu membuang segala rasa kebencian dan kesedihan didalam hati kita,  maka dirikanlah shalat malam yaitu shalat tahajud. adulah semua masalah sama Allah dan mintalah dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Insya Allah, Allah akan memberikan ketenangan hati kepada kita.

3) Berkumpulan atau Bergaul dengan orang-orang sholeh
jika kita selalu berkumpul dengan orang-orang yang sholeh seperti dimajelis ta’lim dan bergaul dengan orang-orang tersebut,  maka setiap hari kita akan mendapatkan siraman rohani sehingga hati kita akan menjadi lebih tenang.

4) Perbanyakkan berpuasa
Dengan berpuasa maka hawa nafsu kita dapat terkendali. dan pastinya penyakit hati yang ada didalam hati kita, sedikit demi sedikit akan hilang.
5) Berzikir dan berdo’a dengan merendahkan diri dihadapan Allah

ketika kita mengalami penyakit hati maka cepatlah untuk mengingat Allah dan berzikirlah dengan menyebut namanya, lebih-lebih disaat sepertiga malam. Karena dengan berzikir hati akan menjadi lebih tenang.

 

Nah itulah 5 (lima) macam obat hati. Jika kita ingin membersihkan hati kita maka lakukanlah hal-hal tersebut, insya Allah kita akan mendapatkan ketenangan lahir dan bathin. Amin ya robbal ‘alamin.
 

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam