Ternyata Tidur Pagi Berbahaya Dalam Islam

Artikel terkait : Ternyata Tidur Pagi Berbahaya Dalam Islam


Waktu pagi atau setelah subuh adalah waktu yang penuh dengan berkah, rahmat, dan waktu dimana terbukanya pintu rezeki bagi makhluk-makhluk Allah. karena pada waktu inilah malaikat turun untuk memberi rahmat dan mengantarkan rezki kepada kita hamba Allah. Bukan hanya saja kita bahkan binatang pun disaat pagi mereka sudah terbangun untuk memperoleh rahmat Allah. Lihat saja ayam yang sudah berkokok dipagi hari. Apalagi kita makhluk yang berakal, Jadi bagi kita umat muslim diperintahkan untuk memanfaatkan waktu subuh ini dengan sebaik-baiknya, supaya kita termasuk orang-orang yang mendapatkan  rahmat Allah diwaktu pagi.  Akan tetapi kenyataannya sekarang yang terjadi adalah banyak orang-orang yang melalaikan waktu yang mulia ini, Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dipergunakaan untuk tidur dan bermalas-malasan. 
 
Perlu kita ketahui bahwa islam sangat melarang tidur pagi, selain dapat mematikan hati, tidur pagi dapat membuat badan merasa malas dan lemas, pikiran pun juga tidak jernih. Oleh karena itu janganlah kita membuang-buangkan waktu pagi kita dengan tidur dan bermalas -malasan karena dapat berbahaya bagi tubuh kita sendiri. Karena sesuatu yang dilarang dalam islam itu pasti mempunyai sebab, islam melarang tidur pagi karena lebih banyak mudaratnya yang didapat dari pada untungnya. Berikut kami urai penjelasannya;


Kenapa Islam Melarang Tidur Pagi?
 
1. Menyelisihi sunnah Rasul
Kebiasaan yang diajarkan oleh  Rasululllah SAW adalah setelah bangun pagi, sholat subuh, membaca qur’an  dan langsung beraktifitas tanpa tidur lagi. Rasulullah SAW biasanya setelah subuh  berdzikir hingga tiba waktu syuruq.  Bagi kita umatnya  dianjurkan  seperti itu, atau kalau ada keperluan mencari  rezki (maisyah), waktu yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk melakukan persiapan.

2. Tidak mendapatkan keberkahan di  waktu pagi
Rasulullah SAW selalu mendoakan keberkahan bagi umatnya yang bangun di waktu pagi. Sebaliknya, doa itu mengisyaratkan bagi orang  yang tidur lagi setelah Subuh, mereka akan kehilangan keberkahan yang disebutkan dalam doa Nabi SAW:
“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

3. Malas dan hilang semangat
Orang yang kebiasaan tidur pagi maka tidak ada semangat untuk hidup, selalu merasa lemes, malas, pusing  bahkan tidak ada gairah sedikit pun. Jadi bagi kita yang tidak ingin seperti itu maka isilah waktu pagi kita setelah Subuh dengan ibadah (membaca qur’an atau berdzikir) sehingga dapat menjadikan waktu berikutnya lebih segar dan bersemangat. Baik secara medis ataupun secara ruhiyah. Sebaliknya, tidur pagi setelah Subuh membuat seseorang tidak semangat di waktu berikutnya. Rasulullah SAW bersabda :
“Lakukanlah ibadah (secara kontinu) di waktu pagi” (HR. Al Bukhari)

4. Lemah dan mudah sakit
Ternyata Tidur di waktu pagi juga bisa mengakibatkan kondisi fisik lemah dan mudah sakit. Terutama sakit kepala.  Berdasarkan  hasil studi, tidur pagi menyebabkan serebrospinal bergerak ke otak, sehingga dapat menimbulkan sakit kepala. 

5. Lemah syahwat
Ibnu Qayyim Al Jauziyah telah memberikan nasehatnya seperti yang  tercantum dalam zaadul ma’ad “Tidur pagi Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat”.

6. Terhalang dari rezeki
Selain menyebabkan penyakit, tidur pagi juga bisa menghalangi rezeki kita. seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam Zaadul Ma’ad :
“Empat hal yang menghalangi datangnya rezeki adalah tidur di waktu pagi, sedikit shalat, malas-malasan dan berkhianat.”

Waktu-Waktu Tidur Yang Bermanfaat yaitu :

1)  tidur diketika kita sangat membutuhkan untuk tidur.
2)  tidur di awal malam dan  ini lebih manfaat dari pada tidur di akhir malam
3)  tidur di pertengahan siang setelah sholat dhuha Kira-kira jam sebelas pagi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidur yang tidak baik adalah tidur ketika selesai sholat subuh hingga matahari terbit. Karena waktu tersebut adalah waktu untuk memperoleh pahala yang berlimpah. Jadi mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar  menurut para sholihin. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu pagi tersebut hingga terbitnya matahari. Mereka melakukan itu semua karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan pintu barakah (kebaikan).

Demikian semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam