Tata Cara Sholat 'Ied Lengkap (Idul Fitri Dan Idul Adha)

Artikel terkait : Tata Cara Sholat 'Ied Lengkap (Idul Fitri Dan Idul Adha)



Pengertian Sholat ‘Ied
Hari raya adalah hari kemenangan ummat islam, dimana pada hari itu Allah akan membuka pintu-pintu magfirah (pintu pengampunan) bagi semua hamba-hambanya. Maka pada hari raya tersebut semua umat islam haruslah saling bermaaf-maafan dengan sesama muslim,  bersilaturrahmi kesanak saudara, anak bermaaf-maafan dengan orang tua, istri bermaaf-maafan dengan suami, murid bermaaf-maafan dengan gurunya, yang dirantau juga meminta maaf melalui ucapan kata yang dikirim lewat media sosial. semua dilakukan oleh umat muslim untuk meraih kemenangan pada hari raya tersebut.

Hari raya orang muslim ada dua yaitu hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Hari raya idul fitri adalah hari raya yang jatuh tepatnya pada tanggal 1 syawal, dimana pada hari raya tersebut umat islam berkewajiban untuk membayar fitrah makanya sering  disebut dengan hari raya fitrah. Sedangkan hari raya idul ‘adha adalah hari raya yang jatuh tepatnya pada tanggal 10 zulhijjah, dimana pada hari raya tersebut umat muslim sedang melakukan ibadah haji, dan perintah untuk melaksanakan ibadah qurban makanya sering disebut dengan hari raya haji atau hari raya qurban.

Jadi pada hari raya tersebut umat muslim dituntut sunnahkan untuk melaksanakan sholat ‘ied. Berikut tata cara sholat I’ed: 

Waktu shalat `Id dimulai dari terbit matahari sampai tergelincirnya. Kedua shalat hari raya tersebut, hukumnya sunah muakkad (sangat ditekankan) bagi laki-laki dan perempuan, mukim atau musafir. Boleh dikerjakan sendirian dan sebaiknya dilakukan berjamaah.



Hukum Dan Dalil Perintah Sholat ‘Ied


Sholat ‘ied hukumnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang sangat dikuatkan).

Hal ini berdasarkan dalil rasulullah SAW yang dinyatakan oleh ummu atiyyah.
“Dari Ummu Atiyyah Radhiyallahu anhu berkata: Rasulullah SAW menyuruh kami perempuan untuk keluar di Idul Fitri dan Idul Adha. Baik wanita yang baru balig, wanita` sedang haid dan wanita perawan. Sementara orang yang haid dipisahkan dari (tempat) shalat. Agar mereka dapat menyaksikan kebaikan dan doa umat Islam." Saya berkata, ‘Wahai Rasulullah, ada di antara kami yang tidak mempunyai jilbab." Beliau mengatakan, "Sebaiknya saudara perempuannya memberinya jilbab."(HR. Bukhari dan Muslim)



Waktu Pelaksanaan Sholat ‘Ied


Menurut mayoritas ulama waktu shalat ‘ied dimulai dari terbitnya matahari kira-kira setinggi tombak sampai waktu  zawal (matahari bergeser ke barat). Pelaksanaan sholat idul fitri kira-kira jam 8 tepat agak telat sedikit dibandingkan dengan sholat idul adha, hal ini bertujuan agar kaum muslimin masih punya kesempatan untuk menunaikan zakat fitrah. Sedangkan sholat idul adha dikerjakan lebih awal kira-kira jam 7.30 dengan tujuan agar orang-orang dapat segera menyembelih qurban.

Tata Cara Mengerjakan Sholat ‘Ied


Shalat‘Ied ( idul fitri dan idul adha) terdiri dari 2 rakaat. Rakaat yang pertama diawali dengan takbiratul ihram dan ditambah dengan 7x takbir. Sedangkan pada rakaat yang kedua dibaca 5 x takbir. 
 Pada Rakaat pertama:
  •  Baca takbiratul ihram (takbir permulaan shalat) dengan niat melakukan sholat  ‘Ied (kalau sholat idul fitri diniat untuk sholat idul fitri, kalau idul  adha diniat untuk sholat idul adha).
            Ini Niat Sholat Idul fitri:  

“Saya niat sholat idul fitri 2 rakaat menghadap kiblat sebagai (imam/ma’mum) karena Allah Ta’ala.”

  Ini Niat Sholat Idul Adha:  

“Saya niat sholat idul adha 2 rakaat menghadap kiblat sebagai (imam/ma’mum) karena Allah Ta’ala”

  • Membaca doa iftitah
  • Melakukan takbir 7 x selain takbiratul ihram, dalam sela-sela takbir membaca tasbih 1x. ini bunyi tasbihnya:
  • Membaca Al-Fatihah  kemudian Membaca surat seperti Al-A'la
  • Kemudian ruku’, I’tidal, sujud, duduk antara dua sujud  seperti  biasa.

Pada rakaat kedua:

  • Melakukan takbir 5 (lima) kali, dalam sela-sela takbir membaca tasbih 1x
  • Membaca Al-Fatihah  kemudian membaca surat seperti Al-Ghasyiyah.
  • Kemudian ruku’, I’tidal, sujud, duduk antara dua sujud  seperti biasa.
  • Terakhir Memberi salam.
  • Kemudian imam berdiri untuk melakukan khutbah.

Demikian semoga bermanfaat!



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam