Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa Yang Benar

Artikel terkait : Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa Yang Benar


Puasa merupakan rukun islam yang ketiga, puasa menurut bahasa artinya "menahan diri" sedangkan menurut istilah syara' puasa adalah menahan diri  dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan yang sudah baligh dan berakal. wajib artinya berpahala apabila seseorang mengerjakannya dan berdosa apabila seseorang meninggalkannya. jadi hukum meninggalkan puasa dengan tanpa sebab adalah haram (berdosa).

Perintah Puasa
Dalil diwajibkannya berpuasa dibulan ramadhan terdapat dalam Al-qur’an surat Al-baqarah ayat 183:
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, supaya kamu bertakwa.”(Al-baqarah:183)

Niat merupakan salah satu rukun puasa, apabila seseorang yang berpuasa tidak berniat maka puasanya tidak sah, walaupun lupa. Niat puasa boleh dilakukan atau diniatkan pada saat malam hari atau saat menjelang sahur. Bagi kita umat muslim yang ingin puasa kita agar benar-benar sah maka niatlah puasa dengan betul agar puasa kita sah dan diterima disisi Allah SWT. Berikut niat puasa yang baik dan benar:  

Lafal Niat Puasa Ramadhan


Nah, setelah kita berniat untuk melakukan puasa maka sehari penuh kita berpuasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Disaat terbenamnya matahari maka kita diwajibkan untuk berbuka. Pada saat berbuka disunnahkan untuk membaca doa berbuka puasa, dan disunnahkan berbuka dengan kurma dan minuman yang manis-manis seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Bagi sahabatku yang belum bisa doa berbuka puasa, jangan khawatir! Berikut kami akan uraikan doa berbuka puasa yang baik dan benar yang bisa kita amalkan.
 
Doa Berbuka Puasa

Nah Setelah anda berbuka puasa dengan menyantap makanan dan minuman menu buka puasa, jangan lupa berdoa kepada Allah. ini doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang dibaca setelah anda berbuka puasa, setelah anda berbuka puasa dengan kurma dan minuman manis maka dilanjutkan membaca doa ini (sunnah hukumnya):
Demikian, selamat berpuasa ya! semoga kita dapat mengamalkan doa tersebut, dan semoga kita dapat berpuasa sebulan penuh dan mudah-mudahan Allah memberi pahala yang berlimpah ruah kepada kita. Amiin Yarobbal ‘Alamiin…...



Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam