Niat Dan Tata Cara Shalat Tahiyatul Masjid

Artikel terkait : Niat Dan Tata Cara Shalat Tahiyatul Masjid


Shalat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah berjumlah dua rakaat yang dilakukan oleh seseorang disaat memasuki masjid dan sebelum duduk didalam mesjid. Jadi apabila kita masuk kedalam masjid baik untuk sholat fardhu, sholat jumat, maupun sholat-sholat sunnah lain seperti sholat ied maka terlebih dahulu kita disunnhakan untuk sholat tahiyatul masjid. Kata “Tahiyatul” artinya memuliakan atau penghormatan. Jadi sholat tahiyatul masjid ini bertujuan untuk menghormati Masjid yang akan kita gunakan untuk menyembah Allah atau mengerjakan Shalat, baik shalat wajib maupun sholat sunnah. karena Masjid merupakan rumah Allah dan sudah sepantasnya jika kita menghormati Rumah Allah dengan melakukan Shalat Sunah Tahiyatul Masjid. Bagi anda yang belum tahu cara mengerjakan sholat sunnah Tahiyatul Masjid, jangan khawatir karena kami akan menjelaskan tata caranya berikut ini:



Hukum Sholat Tahiyatul Masjid Dan Waktu Pelaksanaannya 

Hukum sholat tahiyatul masjid adalah sunnah. sunnah artinya apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa. tetapi sholat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW  karena untuk memeberi penghormatan atau untuk memuliakan masjid. sholat ini boleh dilakukan kapan saja disaat seseorang memasuki  masjid. Hal ini berdasarkan Hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

”Maka bila salah seorang diantara kalian seorang muslim masuk kedalam Masjid maka janganlah duduk sebelum kalian  mengerjakan Shalat  Sunnah dua Raka’at terlebih dahulu .”(HR. Muslim).


Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Sebenarnya tata cara mengerjakan Sholat sunnah tahiyatul masjid sama seperti sholat-sholat sunnah lain berjumlah 2 rakaat, Cuma dari segi niatnya saja yang berbeda.

Pada Rakaaat pertama:

1) Takbiratul ihram sambil Niat melakukan sholat sunnah tahiyatul masjid. Ini niatnya:


Artinya: “Aku sholat sunnah Tahiyatul Masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2) Membaca  surat Al-fatihah, kemudian membaca surat Al-qur’an (surat-surat Pendek)

3) Kemudian Ruku’, lalu i’tidal, lalu sujud, kemudian duduk antara dua sujud, sujud kedua, kemudian bangun untuk rakaat yang ke-2

Pada Rakaat Kedua:

1) Membaca  surat Al-fatihah, kemudian membaca surat Al-qur’an (surat-surat Pendek)

2) Kemudian Ruku’, lalu I’tridal, lalu sujud, kemudian duduk antara dua sujud, dan sujud kedua.

3) Kemudian duduk tasyahud akhir lalu memberi salam.



Demikian  semoga bermanfaat!

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam