Kelebihan Dan Keutamaan Shalat Berjamaah

Artikel terkait : Kelebihan Dan Keutamaan Shalat Berjamaah


Shalat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. bagi orang islam yang sudah baligh maka wajib untuk menunaikan sholat. Wajib artinya berdosa apabila ditinggalkan. Jadi dimana pun anda berada dan bagaimana pun keadaan anda sholat tetap wajib dikerjakan kalau tidak mampu untuk berdiri maka boleh duduk, kalau tidak mampu untuk duduk maka boleh berbaring, kalau juga tidak mampu untuk berbaring maka boleh dengan menggunakan isyarah mata, yang intinya sholat tetap dilaksanakan. 

Dalam melaksanakan sholat tentunya kita ingin mengharapkan pahala yang lebih. Nah Allah memberi bermacam cara kepada kita untuk bisa memperoleh pahala yang lebih banyak. Salah satunya yaitu dengan mengerjakan sholat berjamaah. Banyak orang yang sholat tetapi jarang orang yang berjamaah. Karena mereka tidak tahu kelebihan yang luar biasa bagi orang yang mau sholat berjamaah. Seandainya mereka tahu sungguh tidak pernah lewat satupun waktu untuk  sholat berjamaah. Nah apakah kelebihan sholat berjamaah? Berikut penjelasannya;



Hukum Dan Perintah Shalat Berjamaah

Sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 43 :

Dari ayat diatas mayoritas ulama menyimpulkan bahwa maksud dari suruhan ruku’ bersama orang-orang yang rukuk adalah suruhan supaya sholat-sholat fardhu itu dilakukan secara berjamaah. Walaupun Allah tidak mewajibkan sholat berjamaah tetapi sangat dianjurkan untuk melakukannya secara berjamaah, makanya Allah memberikan pahala yang sangat besar kepada orang yang mau berjamaah.

Berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa Hukum sholat berjamaah adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat-sangat dikuatkan. Rasulullah SAW selama hidupnya sebagai Rasul belum pernah meninggalkan sholat berjamaah dimesjid meskipun beliau dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, kita sebagai ummat Nabi Muhammad SAW wajib mencontoh prilaku Rasulullah SAW untuk selalu melaksanakan sholat berjamaah.


Kelebihan Dan Keutamaan Sholat Berjamaah

Shalat berjamaah memiliki keutamaan dibanding dengan sholat sendirian, dengan selisih 27 derajat. Kemudian orang yang menunggu shalat di masjid juga akan mendapat pahala dan do’a dari para malaikat. Dan begitu juga ketika seseorang keluar dari rumahnya berjalan menuju masjid, itu pun sudah dihitung pahalanya. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah::

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Shalat seseorang dengan berjama’ah lebih banyak pahalanya daripada shalat sendirian di pasar atau di rumahnya, yaitu selisih 20 sekian derajat. Sebab, seseorang yang telah menyempurnakan wudhunya kemudian pergi ke masjid dengan tujuan untuk shalat, tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid, ia dianggap mengerjakan shalat selama ia menunggu hingga shalat dilaksanakan. Para malaikat lalu mendo’akan orang yang senantiasa di tempat ia shalat, “Ya Allah, kasihanilah dia, ampunilah dosa-dosanya, terimalah taubatnya.” Hal itu selama ia tidak berbuat kejelekan dan tidak berhadats.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain menyebutkan:

Dari Ubay bin Ka’b ia berkata, “Rasulullah SAW melaksanakan shalat subuh, selesai shalat beliau bertanya: “Apakah ada yang melihat fulan?” para sahabat terdiam, lalu mereka menjawab, “Ya.” Dan sahabat tersebut tidak hadir. Kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah sholat Insya’ dan subuh, seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada dalam dua sholat tersebut, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Saf (barisan) pertama adalah seperti safnya para Malaikat, seandainya kalian mengetahui keutamaannya, niscaya kalian akan bersegera menyongsongnya. Sungguh, sholatnya seseorang bersama dua orang adalah lebih baik ketimbang dengan satu orang, dan sholatnya seseorang dengan seorang adalah lebih baik dari ia solat sendirian, semakin banyak jumlahnya akan lebih dicintai oleh Allah SWT.” (HR. Ahmad).



Demikian semoga bermanfaat! Utamakan sholat berjamaah.


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam