Hikmah Dan Keutamaan Wudhu’ Dalam Islam (Bagi Kesehatan Dan Kecantikan)

Artikel terkait : Hikmah Dan Keutamaan Wudhu’ Dalam Islam (Bagi Kesehatan Dan Kecantikan)



Wudhu' merupakan upaya untuk membersihkan diri dari hadas kecil. Seseorang yang berhadas kecil wajib menyucikannya dengan berwudhu’. biasanya orang hanya melakukan wudhu’ ketika hendak melaksanakan shalat dan membaca Al-Quran saja. Tetapi alangkah baiknya kalau kita membiasakan diri  untuk selalu berwudhu’ disetiap melakukan aktivitas, dikala mau pergi, dikala mau tidur atau setiap hari karena banyak sekali hikmah yang didapatkan bagi orang yang kesehariannya selalu berwudhu’. Berikut hikmahnya.

 

Hikmah Dan Keutamaan Wudhu’ Dalam Islam

  • Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya”. (HR. Muslim)
  • Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas wudhu’nya, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Rasulullah SAW bersabda, “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka.” (HR. Muslim).
  •  Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda,Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, maka tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa – dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Jadi berdasarkan hadis diatas maka dapat disimpulkan bahwa air setelah wudhu’ jangan dilap biarkan air itu kering dengan sendirinya karena air itulah yang dapat menjadi saksi diakhirat kelak.


Hikmah Dan Manfaat Wudhu’ Bagi Kesehatan Dan Kecantikan 


1. mencuci tangan dapat menghilangkan kotoran debu atau bacterial ditangan karena sudah tersiram dengan air..

2.  Berkumur-kumur dapat  memelihara gigi dan menbersihkannya dari sisa-sisa makanan yang masih melekat.

3.  Membasuh hidung dapat membersihkan debu, kuman dan bacteria dihidung.

4.  Membasuh muka dapat mencerahkan wajah yang kusam, kotor, dan kaku. Jadi dengan berwudhu’ maka kotoran yang menempal diwajah akan hilang dan bersih sehingga membuat muka anda bersih cemerlang. 

Ahli  kecantikan juga menyarankan kepada kita untuk menggunakan air wudhu sebagai salah satu cara yang dapat meningkatkan kesehatan wajah. Kita  dapat melakukan wudhu setiap hari baik sebelum tidur, maupun disaat melakukan aktivitas supaya dapat menjaga kesehatan wajah, membersihkan wajah, meremajakan kulit dan Mencegah menumpuknya bakteri pada wajah .

5. membasuh  tangan sampai kesiku dapat memebrsihkan tangan  dari kuman dan penyakit yang menempel pada tangan.   

6. membasuh kepala dapat menjernihkan pikiran dan akal,  karena panasnya  terik matahari ataupun pikiran dapat diredam dengan berwudhu’ . jadi dengan dinginnya air dapat membantu saraf menjadi rileks, inilah yang membuat pikiran kita jernih setelah berwudhu’.

7. mencuci telinga dapat menjaga kesehatan dan kebersihan telinga.

8. mencuci kedua belah kaki sambil memerhatikannya dengan baik dapat menciptakan perasaan tenang dan nyaman karena di kakilah terletak semua urat yang berhubungan dengan seluruh anggota badan. 


Demikian semoga bermanfaat!






Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam