Tata Cara Pelaksanaan Shalat Tahajjud Serta Keajaiban Yang Luar Biasa

Artikel terkait : Tata Cara Pelaksanaan Shalat Tahajjud Serta Keajaiban Yang Luar Biasa


Pengertian Sholat Tahajjud Sholat tahajud ialah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bisa dikatakan tidak ada malam yang rasulullah lewati tanpa sholat tahajud di dalamnya. Sebagai umatnya, sudah sepatutnya kita mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW

perintah melaksanakan shalat tahajjud  Firman Alloh Swt pd Surat Bani Israil ayat 79 yg berbunyi, ”’

 وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.

 Artinya: "Hendaknya kamu gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat Sunat tahajud, sebagai shalat sunah untuk dirimu, mudah – mudahan Allah akan membangkitkan kamu dg kedudukan yg lebih baik (S. Bani Israil, Ayat ; 79) ”’.

Dalam ayat yang lain, Allah SWT  berfirman:

 كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ () وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
Artinya:
17. di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. 18. dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar. (QS. Az-Zariyat: 17-18.)





Waktu Pelaksanaan Shalat Tahajjud  Sendiri dikerjakaan pada malam hari setelah Sholat Isya sampai masuk waktu Sholat Subuh dengan syarat harus sesudah bangun tidur, sedangkan untuk Waktu Sholat Tahajud yg paling utama bisa dibagi menjadi 3 (tiga)  antara lain:
Waktu Sepertiga Pertama ialah yg kira – kira dari jam 19.00 mlm sampai dg jam 22.00 mlm (Waktu Saat Utama), Waktu Sepertiga Kedua ialah kira – kira dari jam 22.00 mlm sampai dg jam 01.00 pagi (Waktu ini saat yg lebih utama) dan Waktu Sepertiga Ketiga ialah waktu kira – kira dari jam 01.00 pagi sampai dg sebelum masuknya waktu shubuh (Waktu yg paling sangat utama).
Cara Mengerjakan Shalat Sunah Tahajud sebenarnya sama dengan cara mengerjakan shalat – shalat pada umumnya yang di awali dengan Bacaan Niat Shalat dan diakhiri dengan Salam, hanya saja terdapat perbedaan bacaan niat shalatnya saja.
pertama niat :
bacaan niat shalat tahajud
Terjemahan Niat Shalat Tahajud, ” USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA ”, kemudian untuk Pengertian Niat Shalat Tahajud diatas, ”’ Aku Niat Shalat Sunah Tahajud dua raka’at karena Alloh Ta’ala ”’.
Setelah membaca Niat Shalat Sunah Tahajud, kemudian dilanjutkan dg membaca Doa iftitah, Surat Al Fatihah, lalu membaca Surat pd Rakaat pertama  ( terlebih baik surat alkafirun) dan Rakaat kedua ( terlebih baik surat al ikhlas), kemudian Ruku, Itidal, Sujud sampai yg terakhir Salam.

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajjud

Setelah selesai mengerjakan Shalat Tahajud, maka dianjurkan untuk membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir seperti Istighfar, Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw, lalu Tahmid, Tasbih dan tahlil. karena ber-Dzikir merupakan salah satu sarana  untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt.
lafal istigfar yaitu:
doa sholat taubat istighfar1
Bacaan Doa Shalat Tahajud Istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali setelah itu dilanjutkan dg membaca Sholawat Nabi Muhammad Saw
Doa sholat tahajud Sholawat Nabi Saw
Membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir Shalawat Nabi sebanyak 32 kali, setelah itu dilanjutkan dg membaca Doa Setelah Sholat Tahajud seperti dibawah ini:
doa setelah sholat tahajud
doa setelah sholat sunah tahajud
terjemahan doa setelah sholat tahajud latin
Artinya: ”’ Ya Alloh, bagimu segala puji. Engkau-lah (Alloh) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Alloh) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, Engkau-lah (Alloh) yg hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adlh benar, dan surga adlh hak dan Neraka adlh hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Alloh kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kpd engkaulah kami Berhukum
Ampunilah kami atas kesalahan yg sudah kami lakukan dan yg sebelumnya baik yg kami sembunyikan maupun yg kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yg terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Alloh Rabbul  Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dg Alloh ”’.
Setelah selesai mengerjakan Sholat Sunah Tahajud dan Berdoa, kemudian anda bisa tidur kembali,  dan sebelum tidur sebaiknya anda membaca Ayat Yasin, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas yg bertujuan untuk memohon perlindungan Alloh dari godaan setan atau anda bisa membaca Al Qur’an sambil menunggu datangnya Waktu Shalat Subuh.

Keistimewaan Sholat Tahajjud


Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam