Kriteria Memilih Calon Suami Yang Sholeh

Artikel terkait : Kriteria Memilih Calon Suami Yang Sholeh



Sebagai wanita  muslim pastinya ingin mendapatkan suami yang baik, soleh, pengertian dan penyayang. maka pertimbangan yang paling utama bagi kita dalam memilih imam dalam rumah tangga  adalah orang yang seiman dengan kita dan memiliki ilmu agama yang lebih dari kita. karena mereka adalah calon pemimpin rumah tangga kita kelak. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi: 

 “Dikahwini wanita itu karena empat perkara: karena hartanya, karena keturunannya, karena cantiknya dan karena agamanya (imannya). maka nikahilah dengan wanita yang beragama niscaya engkau beruntung.” (HR.Bukhari, Muslim dan Abu Daud).


Dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa yang paling utama dipilih ialah agamanya (imannya), karena dengan agama (imannya) seseorang bisa memperoleh harta, dengan iman seseorang dapat megharumkan keturunannya, dengan iman pula seseorang terlihat berseri diwajahnya.  Namun kenyataan sekarang ini, banyak orang memilih calon suaminya dilihat dari sudut pandang dunia, Popularitas, jabatan dan kekayaan semata. Padahal semua itu tidak dapat menjamin kebahagian dalam rumah tangga. Coba kita bandingkan rumah tangga orang yang banyak harta tetapi tidak ada iman maka ujungnya perceraian yang terjadi. Namun rumah tangga orang yang ada imannya walau miskin mereka tetap hidup bahagia karena mereka saling melengkapi satu sama lain. Subhanallah!


Bagi ukhti-ukhti muslimah yang ingin rumah tangganya hidup bahagia, sakinah, mawaddah warahmah. maka harus selektif dalam memilih calon suami yang akan menjadikan imam kita kelak.



Berikut kriteria memilih calon suami yang sholeh


1. laki-laki yang kuat imannya. Selalu menjaga sholat fardhu, selalu menjaga auratnya dengan memakai pakaian yang sopan.
2. Laki-laki yang sholeh baik akhlaknya, sopan dalam berbicara, lemah lembut dan tidak pernah kasar terhadap anda.

3. laki-laki yang amanah dan bertanggung jawab terhadap keluarganya dan terhadap apa yang dibebankan kepadanya.

4. laki-laki yang pengertian yang selalu ada jika anda membutuhkan bantuan

5. lali-laki yang tidak boros tetapi tidak pelit, dan suka menolang orang lain.

6. laki-laki yang selalu menjaga pandangannya,  tidak suka melihat perempuan lain yang bukan muhrimnya.

7.  laki-laki yang mempunyai teman pergaulan yang baik.

8.  laki-laki yang tidak berani mengajak anda ketempat hiburan untuk berpacaran berdua-duaan.

9.  laki-laki yang tidak akan berani mengajak anda membonceng bersama-sama.

10. laki-laki yang tidak berani menyentuh tangan dan tubuh anda.

11. laki-laki yang takut melakukan perzinaan.



Itulah kriteria-kriteria suami yang soleh yang insya Allah dapat menjadikan imam dalam keluarga. Semoga kita yang belum berumah tangga mudah-mudahan Allah memberikan kita jodoh yang baik yang dapat membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Amiiin ya robbal ‘alamiin….

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam