Doa Sesudah Sholat Dhuha

Artikel terkait : Doa Sesudah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang paling terkenal di kalangan umat Muslim di dunia. Sholat sunnah ini dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit sampai waktu akan sholat Dhuhur dengan dilengkapi dengan doa sesudah sholat Dhuha. Sholat sunnah yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri yang mampu menarik perhatian banyak umat Muslim. Apakah Anda sudah pernah melaksanakan sholat Dhuha?

Berbicara tentang doa sesudah sholat Dhuha, memang benar ada doa khusus yang dibaca usai melaksanakan sholat sunnah yang satu ini. Meski demikian, doa ini bukan merupakan satu-satunya doa yang boleh dibaca saat selesai melaksanakan sholat Dhuha. Anda tetap diperbolehkan untuk membaca doa selain doa khusus sholat Dhuha ini, seperti doa untuk kebaikan kedua orang tua, doa dunia akhirat, dan lain sebagainya.

Ada pula beberapa orang yang memilih untuk membaca doa dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Mereka menganggap bahwa mereka bisa merasa lebih khusyuk berdoa dengan cara ini karena mereka benar-benar tahu arti setiap kata dan kalimat yang mereka ucapkan. Bahkan mereka hingga menangis tersedu-sedu saat berdoa menggunakan kata-kata mereka sendiri.

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Meski demikian, sebagai seorang Muslim, Anda juga harus mengetahui lafadz doa sesudah sholat dhuha yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini penting untuk mengikuti sunnah Rasul. Lafadz doa setelah melaksanakan sholat Dhuha tersebut diawali dengan bacaan “Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka” dan diakhiri dengan kalimat “wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadikash shalihin”.

Lalu, bagaimana cara atau adab dalam membaca doa sesudah sholat Dhuha tersebut? Meskipun doa tersebut bukan doa yang wajib, namun berdoa berarti memohon sesuatu kepada Allah SWT. Untuk itu, Anda harus mengikuti adab-adab berdoa yang disarankan agar doa Anda didengar dan diijabah oleh Allah SWT. Salah satu adab dalam berdoa adalah menghadap ke arah kiblat sambil mengangkat kedua tangan. Selanjutnya, Anda tidak perlu mengeraskan suara Anda saat berdoa. Berdoa dengan perlahan dan pelan akan lebih merasuk ke dalam hati. Dengan demikian, Anda akan lebih menjiwai doa tersebut.

Adab berdoa yang selanjutnya adalah tidak melampaui batas. Apa yang dimaksud dengan “melampaui batas”? Maksudnya adalah Anda harus berdoa dengan penuh rendah diri dan memohon dengan penuh pengharapan. Hal ini karena Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dalam berdoa, tentu Anda harus sadar dan khusyu’. Anda harus benar-benar mengerti akan apa yang Anda inginkan. Anda harus menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Untuk selanjutnya, sebaiknya Anda berdoa untuk kebaikan diri sendiri dan seluruh umat Muslim di dunia. Jangan sekali-kali Anda berdoa agar saudara Muslim atau keluarga Anda celaka. Hal ini tentu sangatlah tidak pantas untuk Anda lakukan. Sebaiknya Anda memperhatikan adab-adab dalam berdoa ini dan menerapkannya dalam membaca bacaan doa setelah sholat Dhuha.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Bahasa Arab Lengkap Terjemahannya

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.
Apa maksud yang terkandung di dalam doa sholat Dhuha? Jika Anda melakukan pengkajian yang mendalam doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT setelah melakukan sholat Dhuha tersebut, maka Anda akan menemukan sebuah pengharapan dari seseorang (orang yang membaca doa) untuk mendapatkan rezeki yang halal serta kebaikan dan kemudahan. Doa ini menunjukkan kepasrahan seseorang atas kuasa Allah SWT yang Maha Kuasa dan Maha Bijaksana.

Doa setelah sholat Dhuha, juga menunjukkan keyakinan seseorang bahwa Allah SWT merupakan satu-satunya yang berkuasa atas rezeki yang akan diterima oleh umat manusia. Jika Dia belum berkehendak untuk memberikan rezeki-Nya maka bagaimanapun manusia berusaha rezeki tersebut tidak akan pernah mereka dapatkan. Sebaliknya, jika Dia telah berkehendak untuk melimpahkan rezekinya kepada seorang manusia, meskipun ia hanya duduk atau tidur (tidak bekerja) ia akan tetap mendapatkan rezeki tersebut.
Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha
Demikianlah sedikit pembahasan tentang doa setelah sholat Dhuha oleh blog Aqidah Islam. Untuk membaca doa tersebut, Anda harus memperhatikan adab-adab dalam berdoa. Doa ini memiliki kandungan yang sangat mendalam. Jika Anda mau mengkajinya, Anda pasti akan tahu betapa besar kuasa Allah SWT atas manusia dan seluruh alam semesta beserta isinnya. 

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam