Bacaan Niat Sholat Taubat Yang Benar

Artikel terkait : Bacaan Niat Sholat Taubat Yang Benar

Sebagai seorang manusia, dalam keseharian tentu saja kita tak pernah bisa lepas dari kesalahan yang bisa menjerumuskan dan membuat Allah murka pada kita. Setiap kesalahan kita akan Allah balas dengan dosa dan bahkan balasan Allah bisa kita rasakan meskipun kita masih berada di dunia. Agar kita terhindar dari murka Allah, maka kita seharusnya perlu memohon ampun padaNya dengan cara melaksanakan sholat taubat. Niat sholat taubat harus benar-benar untuk mencari ampunan Allah agar pintu ampunan Allah terbuka untuk kita, jangan berniat melaksanakan sholat taubat untuk mencari pujian agar kita terlihat alim dihadapan manusia.

Bacaan Niat Sholat Taubat

Setiap dosa akan membuat kita merasa tersiksa di dunia maupun di akhirat, siksa di dunia misalnya hati yang tiada memperoleh ketentraman meskipun berlimpah dengan kekayaan, atau hutang yang berkepanjangan dan seakan tiada penghabisan, atau anak yang suka melawan meskipun kita sudah berlaku baik padanya. Bisa jadi masalah tersebut muncul sebagai akibat dari dosa yang pernah kita perbuat di masa lalu, jadi untuk menghilangkan permasalahan tersebut kita perlu memperoleh ampunan Allah sehingga Allah akan mencabut siksanya di dunia dan membantu kita mengatasi permasalahan yang sedang kita hadapi.

Mungkin kita sudah tertarik untuk melaksanakan shalat taubat, tapi masih bingung dengan niat yang tepat karena kita hanya akan memperoleh balasan sesuai dengan niat yang kita tanamkan. Jika niatnya salah maka rugilah kita, dan jika niat kita benar maka kita akan beruntung. Niat sholat taubat ada sebagian orang yang melafadzkannya dengan bacaan usholli….., namun sebenarnya letak niat ada di dalam hati. Jadi yang harus kita perbaiki adalah niat ada di dalam hati. Niatkan shalat taubat yang akan kita kerjakan sebagai bentuk ketaatan kita pada Allah untuk mencari ampunan-Nya.

Dengan niat untuk menjalankan ketaatan sebagai hamba dan mencari ampunan Allah SWT, maka shalat taubat yang kita kerjakan akan memiliki nilai pahala di sisiNya dan jika Allah berkehendak maka Dia akan memberikan ampunannya untuk kita. Setelah niat kita benar, selanjutnya kita bisa melaksanakan shalat taubat sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Baginda Rasul SAW. Sebelum shalat diawali dengan bersuci dari hadas kecil maupun besar, kemudian melakukan shalat seperti shalat yang biasa kita kerjakan. Ketika shalat jangan tergesa-gesa, kita nikmati setiap bacaan yang sedang kita baca.

Allah tidak suka dengan shalatnya orang yang tergesa-gesa jika diumpamakan seperti ayam yang sedang mematuk makanan. Ketika kita sedang mencari ampunan Allah, maka shalat kita tidak boleh dengan cara yang tidak disukaiNya, kita harus shalat dengan tumakninah. Tumakninah maksudnya shalat yang tenang dan tidak terburu-buru. Sangat sayang kan jika niat sholat taubat kita sudah benar, namun dalam pelaksanaan shalatnya kita malah terburu-buru seperti sedang dikejar sesuatu. Agar kita bisa shalat taubat dengan tenang, sebaiknya kita menjauhkan diri dari segala hal yang masih membebani kita seperti pekerjaan.

Setelah selesai mengerjakan shalat taubat dengan niat yang benar dan dengan sikap yang tumakninah, selanjutnya kita berdoa kepada Allah mengharapkan kasih sayang serta ampunanNya. Allah tidak akan tega membiarkan kita dalam keadaan yang penuh dengan dosa sementara kita sudah ingin bertaubat padaNya, ampunan Allah sangat luas maka bersegera menuju ampunanNya adalah jalan terbaik jika kita tak ingin bergelimang dosa. Setiap dosa akan menjadikan kotoran dalam hati, dan jika dosa tersebut terus menerus bertambah tanpa dibersihkan maka akan mematikan hati sehingga hidayah Allah tidak akan masuk.

Kita sebagai manusia harus selalu mengintrospeksi diri, mencari kesalahan diri dan terus berupaya memperbaikinya karena kita tak akan pernah bisa terjaga dari kesalahan dan dosa. Kita hanyalah manusia biasa, maka terus bertaubat adalah jalan terbaik untuk meraih ampunanNya. Demikianlah artikel ini, semoga ulasan mengenai niat sholat taubat di dalam hati ini dapat membuat hati kita lebih terarah dalam menentukan niat ketika ingin melaksanakan shalat taubat dan semoga informasi ini bisa menjadi jalan hidayah untuk kita semua, amin.

Artikel Akidah Islam Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Akidah Islam